Forum Ekonomi Dunia: Singapura memperbarui model tata kelola AI dengan kasus dunia nyata
Perusahaan ride-hailing Grab menggunakan algoritma kecerdasan buatan (AI) untuk mengurangi pembatalan perjalanan oleh pengemudi, dengan mempertimbangkan jenis perjalanan pilihan mereka, dan di mana mereka memulai dan mengakhiri hari mereka.
Proses ini tidak memerlukan keterlibatan manusia karena tingginya volume alokasi perjalanan – lebih dari 5.000 menit – dan juga karena ada sedikit atau tidak ada bahaya yang dilakukan ketika perjalanan yang ditugaskan dibatalkan.
Algoritma rekomendasi saham, di sisi lain, mungkin tidak dapat berjalan secara independen dari pengulas manusia karena risiko banyak investor membuang atau membeli saham yang sama dan mengguncang pasar saham.
Ini adalah contoh yang disempurnakan dalam edisi kedua kerangka kerja sukarela Singapura tentang bagaimana AI dapat digunakan secara etis dan bertanggung jawab, diluncurkan kemarin pada pertemuan tahunan ke-50 Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss.
Ini dibangun di atas edisi pertama, diumumkan pada pertemuan yang sama tahun lalu, dengan menyediakan kasus penggunaan dunia nyata untuk pertama kalinya dan mengklarifikasi, antara lain, bahwa model AI harus menghasilkan hasil yang konsisten dengan sedikit margin kesalahan.
Kejelasan seperti itu diperlukan di tengah meningkatnya wacana selama setahun terakhir dalam etika dan tata kelola AI, yang datang di belakang banyak kemajuan.
“Misalnya, kami melihat munculnya generator teks alami bertenaga AI generasi berikutnya seperti GPT-2, yang dapat menghasilkan bagian-bagian yang koheren yang sulit dibedakan dari tulisan manusia,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi S. Iswaran dalam dokumen Model AI Governance Framework yang dirilis kemarin.
Singapura juga membuka hampir 1.000 km jalan umum – sekitar sepersepuluh dari seluruh jaringan jalannya – bagi perusahaan untuk melakukan tes dengan kendaraan otonom, tambahnya.
“Ada kekhawatiran tentang bagaimana (AI) akan digunakan, dan apakah orang dapat memiliki kepercayaan pada AI ketika digunakan,” kata Iswaran, menambahkan bahwa kerangka kerja ini bertujuan untuk membangun kepercayaan tersebut dengan memberikan panduan kepada organisasi.
Setidaknya 15 organisasi – termasuk Grab, DBS Bank, HSBC dan perusahaan farmasi multinasional Amerika Merck Sharp & Dohme – telah mengadopsi pedoman yang diuraikan dalam kerangka kerja, katanya.
AI mengacu pada serangkaian teknologi yang berusaha mensimulasikan sifat-sifat manusia seperti penalaran, pemecahan masalah, pembelajaran, perencanaan, dan prediksi.
Penggunaannya saat ini dapat ditemukan di bank, perusahaan asuransi, penyedia layanan kesehatan, pengecer dan platform media sosial untuk segala hal mulai dari mengurangi penipuan dan timbulnya penyakit sejak dini, hingga memprediksi perilaku dan merekomendasikan tindakan.
Dalam salah satu dari beberapa kasus penggunaan teladan yang disorot dalam ringkasan baru kerangka kerja AI Singapura, DBS telah mengotomatiskan sistem deteksi pencucian uangnya, tetapi masih melibatkan pengawas manusia bila diperlukan.
Sistem pertama-tama menandai transaksi mencurigakan. Kemudian sistem AI menilai kemungkinan aktivitas yang ditandai sebagai kriminal dengan menganalisis tren historis. Pengawas manusia bank hanya perlu meninjau kasus-kasus dengan peringkat risiko tinggi.
Keterlibatan manusia memenuhi kerangka kerja AI dan persyaratan Otoritas Moneter Singapura untuk pengambilan keputusan yang akuntabel.